Upacara HUT RI Di Sekolah Vianney Bukti Cinta Tanah Air

“79 Tahun Berjalan Bersama Indonesia”

Momentum 17 Agustus 2024, Sekolah Vianney tumpah ruah memeriahkkan perayaan HUT RI ke-79. Upacara dihadiri oleh pimpinan dan staf Yayasan Bunda Hati Kudus, seluruh siswa, guru, dan karyawan dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA di Sekolah Vianney. FX. Sriwidodo Ananto, S.Pd selaku Kabid SD YBHK dan Ketua Unit Sekolah Vianney bertugas sebagai inspektur upacara dalam perayaan HUT RI ke-79 di lapangan Sekolah Vianney. Saat upacara, seluruh peserta upacara seakan terselimuti dalam satu jiwa, bergetar dalam alunan semangat nasionalisme yang membara sehingga menghadirkan suasana khidmat dan penuh semangat.

Upacara HUT RI di Sekolah Vianney, dimulai dengan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara, bahwa upacara siap untuk dimulai. Setelah itu, diikuti acara lainnya seperti pembacaan teks proklamasi yang mengalir seperti aliran sungai yang membasahi tanah kering, menghidupkan kembali semangat perjuangan kemerdekaan, selanjutnya acara mengheningkan cipta yang seakan membuat waktu berhenti, memberikan ruang bagi setiap individu untuk merenungkan pengorbanan para pahlawan. Doa bersama, seperti embun pagi, menambah kedalaman rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai dengan pengorbanan besar.

Hal yang paling dinanti dalam perayaan HUT RI ke-79 di Sekolah Vianney adalah pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, yang dipimpin oleh anggota Paskibraka SMA Vianney. Bendera yang berkibar di langit biru bagaikan sinar matahari yang menerangi, disertai dengan lagu “Indonesia Raya” yang menggema seperti nyanyian malaikat, menguatkan rasa kebanggaan dan nasionalisme di hati semua peserta. Upacara ini adalah perayaan yang menghubungkan sejarah dengan masa depan, merayakan kemerdekaan dengan penuh makna dan semangat.

Dalam amanat Inspektur Upacara oleh Pak Ananto, beliau mengulas sekilas sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Pak Ananto mengibaratkan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan sebagai harga yang sangat mahal, seakan setiap tetes darah dan air mata mereka adalah permata berharga yang mewarnai jalan menuju kemerdekaan. Beliau menegaskan betapa besarnya harga yang dibayar untuk meraih kebebasan, menyoroti betapa sulitnya perjalanan yang harus ditempuh untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Kemudian, beliau mengajak seluruh hadirin untuk bersyukur atas pencapaian yang telah diraih bangsa Indonesia, seolah-olah mengumpulkan seluruh rasa syukur dan kebanggaan dalam satu pelukan hangat yang menyentuh setiap jiwa. Beliau juga menekankan untuk meneruskan pencapaian tersebut dengan membangun karya yang positif, bagaikan menanam benih-benih kebaikan yang diharapkan akan tumbuh menjadi pohon yang kuat dan memberi manfaat bagi diri, masyarakat, dan negara.

Selama 79 tahun, bangsa Indonesia telah berjalan bersama melalui berbagai tantangan dan pencapaian. Di Sekolah Vianney, semangat ini diwujudkan dalam berbagai kegiatan, termasuk dalam upacara HUT RI yang ke-79, sebagai wujud dalam menanamkan nilai-nilai patriotisme untuk generasi muda di Sekolah Vianney. Lewat kebersamaan dalam mengingat dan menghargai sejarah bangsa serta mengenang para pahlawan bangsa, harapannya generasi muda Vianney tidak hanya memahami sejarah tetapi, juga meresapi makna dari kemerdekaan. Dengan semangat yang membara dan jiwa yang penuh rasa tanggung jawab, generasi muda Vianney mampu melanjutkan perjalanan bangsa ini dengan penuh dedikasi dan optimisme serta siap menghadapi setiap tantangan dan meraih cita-cita yang lebih tinggi dengan tekad dan kerja keras. SMA Vianney I Devena XI-1 dan Claristha XI-1 (Team Osis Sie Pendidikan).

Scroll to Top