September akhir 2024, SMA Vianney melaksanakan kegiatan sumatif tengah semester (STS). Kegiatan ini merupakan evaluasi, umpan balik, dan perbaikan terkait kegiatan proses belajar mengajar (KBM), setelah berproses sekitar tiga bulan lamanya yang di ikuti seluruh peserta didik kelas X, XI, dan XII. Kegiatan STS di SMA Vianney, dimulai pada Selasa, 24 September 2024 sampai Jumat, 27 September 2024.
Ruang ujian STS di SMA Vianney, dibagi menjadi sembilan ruangan. Masing-masing ruangan terdiri dari 20 siswa, dengan kelas dan angkatan yang berbeda. Kedisplinan merupakan prioritas dan syarat utama bagi para peserta ujian dalam mengikuti kegiatan STS, seperti berpakaian rapi dan lengkap, datang 15 menit sebelum ujian berlangsung, merapikan segala administrasi hingga mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan selama STS berlangsung.
Dalam kegiatan STS, Bapak/Ibu guru di SMA Vianney, menjadi pengawas utama dalam setiap ruang ujian sesuai jadwal yang telah dibuat oleh panitia STS. Tujuannya, untuk mempermudah Bapak/Ibu pengawas, dalam mengawasi para peserta ujian agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib STS sehingga menciptakan suasana ujian yang kondusif, efisien, dan efektif.
Jadwal ujian selama STS, dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama, dimulai pukul 07.00 s/d 08.30 WIB. Untuk Sesi kedua, dimulai pukul 09.00 s/d 10.30 WIB. Dan, 20 menit jam istrahat bagi peserta ujian setiap pergantian sesi. Di jam istrahat, para siswa diperbolehkan untuk belajar dan berdiskusi dengan teman, untuk persiapan ujian sesi selanjutnya. Namun, tidak dalam ruang ujian STS melainkan, di sepanjang koridor sekolah.
Dalam kegiatan STS di SMA Vianney, para siswa maupun guru menjadi sasaran utama dalam evaluasi, umpan balik, dan perbaikan terkait kegiatan proses belajar (KBM). Untuk para siswa, STS merupakan tolak ukur pencapaian tujuan pembelajaran/Kompetensi Dasar yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Selain itu, siswa dapat memperoleh pengalaman manajemen waktu, tekanan, keterampilan, dan pemecahan masalah dalam menjawab berbagai bentuk soal yang diujikan. Uniknya dalam STS kali ini jenis soal untuk semua mata pelajaran yang di ujikan menggunakan jenis uraian atau essay. Melalui soal-soal essay akan mengasah kemampuan peserta didik untuk memahai, mengingat dan mengungkapkan apa yang ada dipikiran dan daya ingatnya selama proses pembelajaran. Lebih dari itu, diharapkan peserta didik terlatih untuk berani berpikir secara out of the box; Peserta didik terbiasa menuliskan dan mengaitkan jawaban-jawaban dengan pengalaman riil serta konsep-konsep dari berbagai refrensi yang diketahui siswa.
Tentu STS bagi guru sangat penting sebagai evaluasi diri untuk perbaikan dan pengembangan rencana dan proses pembelajaran hari-hari selanjutnya agar mampu mencapai hasil dan kualitas lebih baik yang diharapkan.
(Oleh: Rachel Nadine X-3, Claristha XI-1)