Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA Vianney Dalam Perspektif Sejarah

“Menghargai Masa Lalu, Merancang Masa Depan”

 Gerbang menuju masa depan gemilang, dengan sebuah gerakan perubahan dan adaptasi. ‘Change and Adaptation’ merupakan tema dalam kegiatan MPLS SMA Vianney T.A. 2024/2025. Banyak metode yang membakar dan menggetarkan semangat hingga ambisius, isyarat sebuah keyakinan dan kemenangan. “Siapa Kita…?, SMA Vianney…, Siapa Kita…?, SMA Vianney…, Mana Semangatmu…?, Ini semangatku…, Mana, mana, mana…?, Ini, Ini, Ini…, Hu… Ha…” sebuah yel-yel dengan rima dan irama yang bersatu dalam sebuah sorakan sekaligus sebuah ungkapan kebanggaan terhadap sekolah tercinta, SMA Vianney.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Vianney, di konsep dengan sangat humanis, dinamis, edukatif, menyenangkan, dan tentunya jauh dari kegiatan perpeloncoan. Ini mengingat para peserta MPLS adalah tunas muda bersemi, siap berkarya, dan mengukir prestasi. Kegiatan MPLS bagi calon peserta didik baru SMA Vianney, berlangsung selama empat hari dimulai pada hari Senin 9 Juli hingga Kamis 11 Juli 2024. Kehadiran para peserta MPLS merupakan sebuah keagungan dan suka cita untuk keluarga besar SMA Vianney. Kegigihan, dedikasi, dan pengorbanan selama berproses di bangku SMP (masa lalu), akhirnya memperoleh sebuah prestasi yakni menjadi calon peserta didik secara khusus di SMA Vianney.

Masa lalu bukan sekadar rangkaian peristiwa yang telah berlalu tanpa makna. Namun, memuat banyak pengalaman, pengetahuan, dan pelajaran. Kenangan suka duka, keberhasilan, dan kegagalan akan menjadi teman setia untuk kita dapat bertumbuh, matang, dan dewasa. ‘Kita merupakan hasil dari pengalaman yang di warisan kepada kita’. Maka perlu untuk mengetahui diri kita seperti apa dan bagaimana serta menerimanya. Para peserta MPLS SMA Vianney, harapannya telah menerima diri dan belajar dari masa lalu atau semasa duduk di bangku SMP untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sukses, dan maju. Memahami diri sendiri adalah hal yang pertama dan utama untuk memulai sebuah langkah baru diikuti dengan ‘kesiapan’ dan ‘kesediaan’.

            Status baru sebagai peserta MPLS adalah salah satu bukti bahwa mereka telah siap dan sedia untuk menjadi peserta didik SMA Vianney. Secara kasat mata, perjuangan dalam memperoleh status ini, telah dilakukan kurang-lebih tiga tahun lamanya (masa SMP). Banyak ruang untuk mereka selama kegiatan MPLS, dalam merefleksikan diri baik buruknya kebiasaan hingga dapat-tidaknya sebuah prestasi. Nyatanya jika diperhatikan, dibalik sebuah status sebagai peserta MPLS perlahan membentuk kepribadian yang bijak dan dewasa sekaligus mampu berkolaborasi dalam sebuah kelompok yang baru. Selain itu, banyak warisan karya yang tertanam selama duduk di bangku SMP. Salah satu contohnya adalah menghargai dan melestarikan budaya luhur Nusantara, lewat kreasi atau pentas seni yang ditampilkan pada penutupan MPLS secara berkelompok. Prestasi gemilang yang diperoleh ini, tentu akan menjadi ajang prestasi yang terus dikembangkan sebagai sebuah kelebihan dan karya gemilang di masa mendatang (Masa SMA).

“Masa depan adalah milik mereka yang mempercayainya indah dan memperjuangkan keindahan itu”, sebuah kutipan bijak dari Bapak Proklamator, Bung Karno. Kegiatan MPLS SMA Vianney selain indah juga memperoleh makna yang bertujuan membuat para peserta merasa bahagia. Dan, bukan membuat para peserta semakin cemas, takut, dan perasaan buruk lainnya. Diawali dengan Ice breaking, yel-yel, dan sedikit lelucon untuk menghadirkan suasana yang menyenangkan sehingga para peserta nyaman berinteraksi dan mempermudah adaptasi dengan peserta MPLS, panitia, OSIS, guru, karyawan, serta seluruh keluarga besar SMA Vianney.

Pengenalan seluruh fasilitas sekolah, dilakukan bersama dengan kegiatan-kegiatan MPLS di antaranya adalah upacara bendera, dinamika dan kreativitas kelompok, sport day, talent show, dan kegiatan menarik lainnya. Selain itu, para peserta MPLS juga diperkenalkan dengan Visi Misi dan profil sekolah, tata tertib, kurikulum, budaya sekolah, Santo Pelindung, dan Profil Pelajar Pancasila. Secara umum, kegiatan ini dilakukan agar peserta MPLS dapat mengetahui, mendalami, dan memetik nilai-nilai luhur hingga dapat menjadi generasi muda yang berprestasi dan berkarakter. Dari kegiatan ini diharapkan peserta MPLS dapat menumbuhkan semangat dan motivasi dalam merencanakan masa depan, guna meraih mimpi dan cita-cita sebagai pelajar SMA Vianney.

Peserta MPLS dalam konteks ‘menghargai masa lalu’ adalah sebuah langkah tepat untuk memulai pertualangan di SMA Vianney, dengan kaya pemahaman sejarah diri sendiri dan mau mempelajarinya serta acuan untuk menjadi lebih bijaksana. Sedangkan, peserta MPLS dalam konteks ‘merancang masa depan’ juga merupakan langkah awal untuk maju dengan optimisme dan berani memulai terobosan baru. MPLS bukan hanya semata-mata pengenalan lingkungan dan fasilitas sekolah, apalagi berbekal status. Lebih dari itu, MPLS merupakan sebuah lembaran baru untuk lebih mengenal jati diri, potensi, dan bakat. Dengan keyakinan“saya bisa, harus bisa, dan pasti bisa“ diharapkan peserta mampu menggali potensi, bakat, dan minatnya sehingga dapat meraih prestasi, baik secara akademik maupun non-akademik di SMA Vianney.***by.Tadeus Lahagu.

Scroll to Top