SMA Vianney Merayakan Keadilan Ilahi dalam Bingkai BKSN

            Memasuki bulan September 2024, SMA Vianney sebagai salah satu sekolah Katolik yang berlokasi di Jl. Raya Bojong Raya No. 98 Kel. Rawa Buaya Kec. Cengkareng, Jakarta Barat, sedang menggelar kegiatan bulan kitab suci nasional (BKSN). Salah satu hal menarik dalam kegiatan ini adalah seluruh kelas melakukan ibadat pagi di kelas masing-masing. Petugas ibadat pagi, dipimpin oleh para siswa sesuai jadwal yang merupakan kesepakan di dalam setiap kelas. Kegiatan ini akan berlangsung setiap pagi dimulai dari tanggal Senin, 09 sampai Jumat, 20 September 2024.

            Kegiatan BKSN ini tentu bertujuan untuk memperdalam pemahaman para siswa, tentang Kitab Suci sebagai sumber ajaran spiritual dan moral. Selain itu, kegiatan ini sebagai kesempatan berharga untuk melibatkan para siswa, dalam kegiatan religius, refleksi spiritual, dan pengembangan karakter.

Di SMA Vianney, bulan kitab suci nasional adalah kegiatan perayaan yang dilakukan dengan inisiatif yang dirayakan setiap tahunnya. Kegiatan ini melibatkan berbagai kegiatan edukatif dan religius yang bertujuan memperkuat iman dan ajaran kitab suci.

  1. Tujuan dan manfaat BKSN di SMA Vianney antara lain, sebagai berikut :
  2. Penguatan iman dan spiritual: BKSN memberikan kesempatan bagi para siswa di SMA Vianney untuk lebih mendalami ajaran kitab suci. Melalui kegiatan seperti membaca, dan merenungkan Kitab Suci,
  3. Sarana meningkatkan toleransi : Dengan adanya berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai agama, BKSN juga berfungsi sebagai platform dalam meningkatkan toleransi dan saling menghormati antar siswa dengan latar belakang agama yang berbeda.
  4. Pengembangan karakter: Kegiatan BKSN mendorong siswa untuk menerapkan nilai-nilai  Core value YBHK dan ajaran Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan yang dilaksanakan selama BKSN di SMA Vianney antara lain, sebagai berikut :

Untuk memaksimalkan manfaat dan tujuan dari BKSN, berbagai kegiatan dapat dilaksanakan di SMA Vianney dalam ibadat pagi antara lain, sebagai berikut:

  1. Lagu pembuka, yang dinyanyikan oleh seluruh siswa di dalam kelas,
  2. Pembacaan ayat Kitab Suci sekaligus renungan oleh siswa yang bertugas dalam kelas,
  3. Doa, dan
  4. Lagu penutup yang mengakhiri ibadat pagi dalam perayaan BKSN.

Pendalaman Kitab Suci dalam kegiatan BKSN di SMA Vianney, mengajak para siswa akan wawasan baru. Antusiasme dalam kegiatan BKSN tahun ini, menunjukkan para siswa SMA Vianney terus berupaya mementingkan pertumbuhan iman. Semoga dengan kegiatan BKSN, para siswa SMA Vianney, tanpa henti menjadikan Kitab Suci sebagai sumber inspirasi dan kekuatan hidup. Selain itu, semoga semangat mendalami Kitab Suci dalam kegiatan BKSN ini, terus berkobar dan diingat sebagai kekuatan dalam kehidupan sebagai pelajar di SMA Vianney.

(Oleh : Daniel Ezra Sihotang X – 2)

Scroll to Top