Suka cita Dalam Perayaan Pesta Santo Pelindung Sekolah Vianney.

Sekolah Vianney gelar upacara keagamaan sebagai perayaan sekaligus mengamalkan sosok Santo Yohanes Maria Vianney, sebagai Santo Pelindung Sekolah. Perayaan ini dilaksanakan pada Senin, 05 Agustus 2024 yang diikuti oleh seluruh warga di Sekolah Vianney dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Keterlibatan dalam perayaan pesta Santo Pelindung menjadi bukti hadirnya sukacita dalam membangun spiritualitas dan identitas komunitas di Sekolah Vianney.

Devosi Ekaristi menjadi pusat dari spiritualitas Vianney, yang dirayakan dalam pesta Santo Pelindung. Perayaan Ekaristi yang merupakan kegiatan utamanya, menghadirkan sebuah kekuatan baru dalam diri dan komunitas. Sebagaimana dijelaskan dalam tema kegiatannya oleh panitia “Mengubah Kelemahan menjadi Kekuatan”. Ditambahkan oleh Romo Jaya, O.Carm sebagai pemimpin Misa dalam homilinya menekankan bahwa Santo Yohanes Maria Vianney adalah sosok inspiratif yang patut diteladani. Salah satunya terkait ‘Devosi Ekaristi’. Penekanan ini berpotensi bahwa bukan hanya sekadar perayaan pesta melainkan, lebih dalam mengamalkan nilai-nilai spiritual dalam pelayanan.

Doa yang dilakukan secara konsisten dan tak pernah lelah merupakan napas kehidupan Santo Vianney. Di Sekolah Vianney, terkait ‘Doa’ bukan lagi hal baru apalagi jika hanya dilakukan dalam perayaan pesta semata melainkan, telah menjadi sebuah budaya dalam mengawali dan mengakhiri segala kegiatan. Melalui ‘Doa’, Sekolah Vianney menunjukkan tindakan akan keteladanannya terhadap Santo Pelindung. Ketenangan dan keheningan dalam perayaan ekaristi menjadi bukti budaya itu telah diamalkan oleh seluruh warga di Sekolah Vianney.

Selain itu, nilai dari sebuah ‘Kerendahan Hati’ juga menjadi bukti lainnya. Kepribadian yang tangguh bukan fokus pada sebuah pujian dan pengakuan. Tetapi, lebih pada kerendahan hati dalam pelayanan. Dalam perayaan pesta Santo Pelindung, motivasi dalam menanamkan sikap rendah hati adalah hal yang sangat sering diulang untuk terus dilakukan guna mengingatkan para siswa dan seluruh hadirin yang ikut terlibat dalam perayaan pesta.

Acara perayaan pesta Santo Pelindung, juga diisi dengan pembacaan profil Santo Yohanes Maria Vianney oleh seorang siswa di Sekolah Vianney. Kegiatan ini menjelaskan tentang kehidupan dan jasa-jasa Santo Pelindung. Pembacaan profil ini memberikan wawasan yang mendalam tentang perjalanan hidup Santo Yohanes Maria Vianney serta tantangan dan pencapaian yang Ia hadapi. Melalui pembacaan ini juga Sekolah Vianney diingatkan tentang contoh hidup Santo Yohanes Maria Vianney yang penuh dengan pelayanan.

Perjuangan dalam segi spiritualitas yang dituangkan dalam perayaan ini sangat ditekankan kepada keluarga besar Sekolah Vianney, terutama dalam hal melawan kelemahan pribadi. Selama Misa, diadakan sesi refleksi dan seluruh peserta diajak untuk menghadapi dan mengatasi tantangan spiritual serta moral dalam kehidupan mereka. Dengan saling mendukung, diharapkan setiap para guru, karyawan, dan siswa/siswi di Sekolah Vianney dapat terus berusaha untuk memperbaiki diri dan bertumbuh secara spiritual. Hal ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas spiritual dan moral, serta mendorong setiap warga Sekolah Vianney untuk terus berjuang dalam perjalanan keagamaan mereka.

Dalam perayaan pesta Santo Pelindung, juga dilakukan kegiatan pemotongan tumpeng. Memotong tumpeng adalah simbol rasa syukur dan perayaan sekaligus bertujuan untuk memperkuat ikatan antara siswa, guru, dan karyawan serta menambah semangat dalam berkomunitas di Sekolah Vianney. Kegiatan ini berhasil menciptakan suasana yang menginspirasi serta memperkuat ikatan persaudaraan dalam iman dan pelayanan di Sekolah Vianney. Dengan menggabungkan elemen keagamaan dalam kegiatan, identitas komunitas semakin diperkuat. Pesta perayaan Santo Yohanes Maria Vianney ini tidak hanya sekadar ‘pesta perayaan’. Tetapi, lebih dalam memperdalam komitmen, terhadap nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan. Selain itu, perayaan pesta Santo Pelindung menunjukkan sebuah dedikasi dalam membangun sebuah komunitas yang harmonis dan penuh semangat sekaligus sebagai wadah dalam menciptakan generasi muda yang bertumbuh dalam iman, berprestasi, dan berkarakter. SMA Vianney I Laurent XII IIS-2 dkkteam OSIS SMA Sie Pendidikan


Scroll to Top